10 Rahasia Membangun Agensi Pemasaran Digital yang Sukses

Dengan dunia yang semakin digital, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai digital marketing agency.

Hari-hari ini, bisnis yang mencoba membuatnya di pasar yang banjir saat ini tidak dapat bertahan tanpa strategi pemasaran digital yang efektif. Di sinilah memulai agen pemasaran digital yang sebenarnya dapat terbukti menjadi langkah yang tepat.

Semua orang akan beralih ke layanan Anda untuk membantu mereka dengan peringkat, jangkauan, dan visibilitas, bukan?

Nah, itu hanya jika Anda berkomitmen untuk membangun agensi pemasaran digital yang sukses.

Sekarang, Anda tidak harus memulai dengan menawarkan setiap layanan dalam pemasaran digital, tetapi paket lengkap akan mengarahkan Anda ke arah yang benar. Berikut adalah beberapa praktik yang dapat sangat memengaruhi kesuksesan Anda.

1. Tetap menjangkau prospek

Tidak masalah di mana Anda berada dengan agen pemasaran digital Anda; hal yang akan membantunya tumbuh adalah pencarian terus menerus. Dalam bisnis ini, tidak ada yang namanya “prospek yang cukup”. Semakin banyak prospek yang Anda targetkan, semakin banyak penawaran yang akan Anda dapatkan. Dan semakin banyak penawaran yang Anda dapatkan, semakin banyak uang dan kesuksesan yang akan menghampiri Anda.

Ingatlah bahwa Anda tidak pernah ingin terlihat putus asa ketika menjangkau target pasar Anda. Tidak apa-apa kehilangan prospek atau memutuskan bahwa Anda tidak ingin bekerja dengan mereka. Terkadang, Anda hanya harus selektif demi kesejahteraan dan masa depan bisnis Anda. Yang mengatakan, jika prospek tertentu tampaknya tidak cocok, itu bukan akhir dari dunia.

Ada banyak strategi pencarian calon pelanggan yang berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mendorong agensi pemasaran digital Anda. Sangat penting untuk mencoba sebanyak mungkin sampai Anda mendapatkan strategi yang paling cocok untuk Anda dan bisnis Anda.

2. Pikat prospek dengan penawaran hebat

Saat Anda terus menargetkan prospek Anda dan meminta beberapa dari mereka menghubungi Anda kembali, penting untuk menarik mereka dengan tawaran yang tidak ingin mereka tolak. Ingatlah bahwa prospek ini memiliki banyak pemasar yang menargetkan mereka. Hanya karena Anda berhasil membuat kontak tidak menjamin kesepakatan tertutup.

Hal tentang pemasaran digital adalah bahwa sebagian besar pemasar dan agensi saat ini meminta pembayaran di muka untuk melakukan pekerjaan itu. Ini sebenarnya agak logis, mengingat proyek pemasaran digital membutuhkan waktu dan upaya untuk menunjukkan hasil yang sebenarnya. Namun, ini tidak menjamin pemilik bisnis bahwa mereka akan mendapatkan pekerjaan yang mereka bayar.

Anda mungkin dapat menemukan tawaran menarik Anda di sana; misalnya, masa percobaan gratis atau diskon untuk SEO atau iklan berbayar dapat menjadi cara yang baik untuk menunjukkan kemampuan biro iklan Anda. Menghasilkan prospek secara gratis untuk periode yang lebih pendek mungkin merupakan jenis penawaran lain yang juga sulit untuk dilewati.

Ini akan menunjukkan kepada pemilik bisnis bahwa Anda menjalankan agensi yang serius, profesional, dan percaya diri. Ketika Anda memenuhi penawaran awal ini, mereka akan jauh lebih mungkin untuk mempekerjakan Anda untuk proyek jangka panjang.

3. Fokus pada penyampaian daripada terlalu menjanjikan

Kita semua ingin menjual diri kita kepada prospek kita, tetapi melakukan itu dengan terlalu menjanjikan bisa membuat Anda gagal. Saat menjelaskan strategi kepada klien Anda, yang terbaik adalah mengecilkan harapan mereka.

Misalnya, Anda mungkin dapat mencapai peringkat SEO yang diinginkan untuk situs web mereka dalam 3 bulan, tetapi jelaskan kepada mereka bahwa mungkin diperlukan waktu selama 6 bulan untuk mencapai titik itu. Dan ketika Anda membuat tanda setelah 3 bulan (atau di mana saja kurang dari 6), klien Anda akan terkesan dengan pengiriman dan dengan senang hati tetap bergabung dengan agen pemasaran digital Anda.

4. Mulailah dengan sepenuhnya menguasai satu niche

Sebagai agen pemasaran digital, tujuan Anda adalah merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran untuk klien tanpa terlalu memperhatikan ceruk pasar mereka. Anda akan mendapatkan wawasan tentang ceruk ini saat Anda pergi.

Tetapi untuk agensi pemasaran digital pemula, akan sangat bermanfaat untuk memiliki setidaknya satu ceruk tertentu yang sepenuhnya dikuasai.

Ketika Anda berbicara istilah niche dan menunjukkan minat Anda di dalamnya, klien dari niche itu akan lebih cenderung memilih biro iklan Anda. Ini juga membantu Anda masuk ke detail seluk beluk perjuangan spesifik klien di pasar, sehingga memberikan solusi yang lebih baik.

5. Mengalihdayakan bagian mendengus

Anda tidak harus melakukan semua pekerjaan sendiri. Bahkan jika Anda memiliki karyawan tetap, mereka tidak perlu membuang waktu dan tenaga mereka untuk tugas-tugas yang tidak produktif dan kasar.

Keindahan pemasaran digital adalah semuanya dilakukan secara online. Oleh karena itu, Anda juga dapat menemukan bantuan online untuk beberapa pekerjaan kasar. Bekerja dengan pekerja lepas atau asisten virtual dalam hal-hal seperti ini akan menghemat banyak waktu dan uang Anda sehingga Anda dapat fokus pada hal-hal yang lebih mendesak. Anda juga dapat menggunakan perusahaan lain untuk API pemasaran digital Anda atau solusi relevan lainnya untuk memudahkan dan merampingkan pekerjaan Anda.

6. Perhatikan apa yang dikatakan klien kepada Anda

Mayoritas pemilik bisnis saat ini memahami bahwa mereka membutuhkan pemasaran digital, tetapi mereka mungkin tidak mengerti apa-apa tentang itu. Kemungkinannya adalah mereka tahu apa yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka sendiri.

Jadi, jika klien memberi tahu Anda bahwa mereka ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan sehingga mereka dapat mempekerjakan lebih banyak orang dan memiliki lebih banyak waktu luang untuk diri mereka sendiri, jangan coba-coba mengajak mereka berbicara tentang SEO, Google, dan iklan media sosial. Mereka lebih cenderung merespons Anda secara positif jika Anda menunjukkan pemahaman tentang situasi mereka dan menjelaskan kepada mereka dengan kata-kata mereka sendiri bahwa Anda dapat mewujudkan tujuan mereka.

7. Tawarkan keterampilan pemasaran yang berbeda

Seperti disebutkan, beberapa aspek dan keterampilan yang berbeda masuk ke dalam istilah yang luas yaitu pemasaran digital. Tidak perlu memulai agensi pemasaran digital Anda dengan menawarkan setiap keterampilan, tetapi beberapa lebih efektif daripada yang lain dalam hal membuat nama dari agensi Anda dan mengembangkannya dari sana.

Sebagai permulaan, pastikan bahwa agensi pemasaran digital Anda menawarkan SEO, pembuatan prospek, AdWords, dan iklan media sosial

8. Menjaga hubungan jangka panjang dengan klien

Seorang klien dapat berubah pikiran kapan saja dan memberi tahu Anda bahwa mereka tidak ingin Anda menjalankan iklan untuk mereka lagi atau tidak memerlukan layanan SEO Anda. Dalam kasus ini, sejujurnya tidak banyak yang dapat Anda lakukan, kecuali jika Anda mempersiapkan strategi untuk menjaga klien jangka panjang di muka.

Saat Anda melakukan pembuatan prospek dan memberi peringkat situs web yang Anda miliki untuk meningkatkan SEO klien seperti Backlink Berkualitas, Anda selalu dapat mempertahankan prospek dan situs web tersebut begitu mereka memutuskan untuk menghentikan Anda. Bagaimanapun, mereka adalah milik Anda. Anda juga dapat membuat tautan balik berkualitas tinggi yang tidak dapat hilang dari situs web tempat Anda bekerja.

9. Pembayaran elektronik sepanjang jalan

Apa yang Anda lakukan menjalankan agensi pemasaran digital dan meminta cek tertulis dari klien Anda?

Pikirkanlah — jika mereka harus menulis cek setiap bulan untuk layanan Anda, mereka akan lebih cenderung mempertimbangkan berapa nilainya. Ini adalah tindakan sadar dan proses pemikiran di pihak mereka, belum lagi bahwa pembayaran bulanan melalui cek mungkin tampak cukup mahal bagi mereka di beberapa titik.

Di sisi lain, pembayaran elektronik — dan lebih khusus lagi, pembayaran elektronik mingguan — jauh lebih bermanfaat bagi agensi pemasaran digital Anda. Mereka mudah, terutama bila Anda memiliki opsi pembayaran otomatis.

Mengambil potongan kecil dengan pembayaran otomatis elektronik setiap minggu tidak akan tampak berlebihan atau boros dibandingkan dengan menulis cek besar setiap bulan.

10. Selalu berpikir jangka panjang

Akan ada saat-saat ketika klien Anda akan terlambat dengan pembayaran mereka atau mungkin menawarkan kesepakatan yang mungkin kurang dari apa yang biasanya Anda pilih. Tentu saja, Anda tidak boleh membiasakan diri untuk berada di bawah nilai Anda, tetapi jika klien yang dimaksud adalah seseorang yang sudah memiliki pengalaman baik dengan Anda, ada baiknya Anda bertemu mereka di tengah jalan dari waktu ke waktu.

Mereka akan menemukan Anda bahkan lebih menyenangkan untuk diajak bekerja sama dan mereka akan mengirimkan referensi yang sangat dibutuhkan dengan cara Anda, yang pada akhirnya akan membuat situasi saat ini sangat berharga.

Dunia bisnis dan pemasaran digital tidak semuanya hitam putih. Temukan area abu-abu kecil Anda di mana Anda dapat menetapkan diri Anda sebagai otoritas.